Mengenai Saya

Foto saya
saya masih baru dalam dunia blog, sehingga dimohon kritik dan sarannya demi kemajuan blog ini. dan semoga tulisan yang saya posting bisa bermanfaat

Kamis, 22 Desember 2011

Masashi Kishimoto pengarang Komik Naruto



 Sobat blogger…. Siapa sih yang tidak tahu dengan komik manga jepang “Naruto”, cerita seorang bocah Ninja Gonoha konyol yang bermimpi menjadi Hokage!!!  Manga ini begitu popular kartunnya pun tidak hanya disukai kalangan anak-anak, remaja ikut menyukainya. Memang jalinan cerita yang indah penuh filosofi tidak terlepas dari tangan dingin pengarangnya yakni Masashi Kishimoto. Yah ini mau berbagi sedikit cerita tentang beliau…


Masashi Kishimoto adalah seorang mangaka(kartunis), yang lahir pada tahun 1974 di Katsuta perfektur (setingkat Negara bagian)  Okayama, Jepang. Beliau memang sudah terkenal sejak kecil hobinya menggambar, waktu disekolah menggambar kartun melulu tapi tak apalah kalau ada hasilnya hihihi... Oh ya Masashi Kishimoto kecil adalah penggemar berat serial TV Doraemon, (hehehe kaya aku neeh. Lebay mode on).   Teman-temanya juga suka dengan Doraemon. Mereka sering menggambar karakter-karakter dari Doraemon… hmmm tapi Kishimoto yang paling perfeksionis. Dia selalu menjengkelkan bagi temannya, karena sering banget mengoreksi hasil gambar kawannya, bila tidak benar dia akan menunjukkan cara menggambar yg benar.

Bakat luar biasa

Bakat menggambar  Masashi Kishimoto sensei memang luar biasa. Kishimoto muda memang tergila gila dengan dunia manga. Dia banyak menghabiskan waktu mudanya dengan menggambar karakter kartun yang dia gambar. Setelah melukis karakter doraemon, dia mencoba melukis tokoh-tokoh dari mobile suite gundam.  Ketika muncul anime Dr slump, karya terkenal dari Akira Toriyama, dia mencoba melukis tokoh-tokohnya. Beliau tidak percaya kenapa Dr. Slump gambarnya begitu bagus dan ia pun ikut serta lomba Arale Chan dengan menggunakan crayon^.^

Saat menjelang kelulusan SD, Masashi Kishimoto mulai tergila-gila sama komik dragonball, lagi-lagi sebuah karya terkenal  Akira Toriyama. Akira Toriyama memang seorang mangaka yang kishimoto kagumi, bahkan dia pernah menyatakan betapa terobsesinya dengannya dan berpikir bahwa manga itu luar biasa. Pada akhirnya dia memutuskan sesuatu yang menjadi impiannyadan tak kan pernah ia sesali.. menjadi seorang “MANGAKA Populer” seperti Akira Toriyama. Dan mulailah membuat karya pertamanya: Hiatari Kun, kisah seorang remaja ninja.

Sayang ketika menginjak smp dia melupakan menggambar, dia berkosentrasi pada baseball.  Sampai pada akhirnya melihat poster anime AKIRA yang sangat bagus karya Katsuhiro Ootomo. Hasrat menggambarnya mulai tumbuh kembali. Dia mencoba mulai melukis “akira” . Tetapi beliau kesulitan karena efek, desain dan setiap detil gambar tersebut sangat berbeda dari mangaka yang lainnya. Gaya gambarnya berubah banyak. Akhirnya Kishimoto sadar bahwa :”KARYA HEBAT ADALAH YANG ORIGINAL, MENIRU KARYA ORANG LAIN ADALAH PERCUMA.”

Dan pada akhirnya kishimoto berjuang untuk menemukan ciri khas, sampai  akhirnya dia menyerah dan menghabiskan masa smpnya untuk meniru gambar Ootomo sensei.

                               (Diseruput dulu kopinya sobat hehehe)




Perjalanan menuju kesuksesan

Kishimoto berhasil merampungkan komik pertamanya setebal  31 halaman ketika dikelas XI. Tetapi tanggapan komik ini sangat buruk sobat bloger…, bahkan ayah dan adiknya mengatakan karyanya sangatlah buruk. Tetapi  kishimoto tetap antusias dan mengirimkan komiknya ke Jump Magazine Award. Tapi naas Komiknya tidak diterima oleh jump Magazine.
            Kegagalan tak lantas membuatnya menyerah dan malah membuat lebih banyak komik. Tapi lagi-lagi , ya masih belum bagus. Beliau heran kenapa karyanya tidak sebagus karya orang lain. Akhirnya ,dia menghabiskan waktu untuk mendapatkan jawaban.
            Kishimoto terus mencari  jawaban hingga lulus  SMA dengan predikat bodoh karena hanya peringkat 38 dari 39 siswa,(kok kayak naruto ea hihihi J) . kasihan keadaan menjadi menyusahkan, sudah gagal membuat komik bagus tapi juga bodoh disekolah, mau jadi apa nanti?.
            Dia berusaha keluar dari keadaan tersebut.  Masashi Kishimoto tetap berusaha  keras dan pantang menyerah untuk meraih impiannya.  Waktu kuliah di kesenian, kishimoto membuat manga berjudul “Karakuri” yang dikirimkan pada Hop Step Award (even bulanan  yang diselenggarakan oleh Shonen Jump untuk manga pemula). “karakuri meraih penghargaan dan menjadi jalan Masashi untuk meraih impianya. Nah setelah lulus Kuliah pada tahun 1997, dia baru membuat pilot project Komik Naruto yang diterbitkan oleh Akamaru Jump. Dua tahun berlalu sebagai serial di shonen jump mingguan dan menjadi komik naruto yang kamu kenali saat ini. Serial komik manga naruto masih terus  dibuat dan telah terjual sekitar 100 ribu kopi di jepang sejak terbit pertama pada tahun 1999. Karena prestasi tersebut, Masashi pantas  menjadi legenda dunia dan salah satu yang terhebat sepanjang sejarah komik manga. Mungkin jika dia mengingat kembali , dia pasti berkata: “yah semua akn berhasil! Syukurlah karena aku bodoh!” ckckck.
 Nah sobat blogger MASASHI KISHIMOTO bisa menjadi inspirasi dan contoh yg baik bagi kita. Karena “ Perjuangan hidup senantiasa tidak memihak kepada siapa yang lebih kuat atau lebih cepat, tetapi lambat laun sang pemenanglah yang akan berfikir bahwa dia pasti menang…..
Sobat blogger apapun kamu berusahalah untuk menjadi yang terbaik dan berusaha keras meraih apa yang kamu impikan…. Semangat gitu!! Chayooo.
(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar